the Road to Financial and Time Freedom
Subscribe Share/Save/Bookmark Subscribe

Chinatown

Chinatown atau yang di Indonesia dikenal dengan sebutan Penian, memiliki ciri khas tersendiri yang tergolong unik. Chinatown yang ada di negara-negara luar tidak jauh berbeda dengan Chinatown di Indonesia. Khususnya di Jakarta yang terletak di sekitar daerah Glodok dan Mangga Dua. Aroma dupa yang tercium saat kita menelusuri lorong pertokoan, restoran-restoran yang menawarkan menu lezat yang moyoritas menggunakan daging babi sebagai bahan pokokonya, pernik-pernik khas masyarakat Tionghoa, dan masih banyak lagi kesan utama yang bisa kita temui di Chinatown

Sejak jatuhnya Dinasti Ming pada abad ke-17, terjadi imigrasi besar-besaran warga China ke berbagai negara. Sebagian besar, mereka pindah ke negara-negara Asia Tenggara, bahkan juga ke wilayah Amerika Serikat. Kini, kompleks Chinatown banyak juga ditemui di belahan dunia lain selain di Indonesia

Chinatown pada awalnya terbentuk dari hasil diskriminasi terhadap warga China. Banyak yang menganggap Chinatown tak ubahnya sebagai ghetto etnik yang memungkinkan budaya dan tradisi yang masih kental makin berkembang. Kini banyak Chinatown tua dan modern menjadi pusat perdagangan atau wisata yang maju pesat. Tidak sedikit pula yang kemudian berkembang menjadi pusat multibudaya seperti di Australia. Kanada, dan Inggris. Di Malaysia dan Singapura, Chinatown malah menjadi harmonisasi antar-ras. Para warga keturunan Tionghoa tidak mengeksklusifkan diri dari masyarakat, namun mereka terbuka terhadap para pendatang yang masuk ke kawasan mereka.

Sangat menarik melihat perkembangan berbagai Chinatown di berbagai negara, khususnya negara tetangga seperti Singapura. Malaysia atau Australia. Berikut adalah lokasi Chinatown sekitarnya Anda hendak mampir saat berkunjung ke sana. Jangan lupa untuk menikmati secangkir teh China dan membeli obat-obatan herbal China yng dapat menjaga kesehatan Anda dan keluarga.

• Chinatown Singapura : Lokasinya berada di seputar Upper Pickeing Street, Cantonment Road dan South Bridge Road.

• Chinatown Malaysia :Lokasinya berada di tengah-tengah kota bersejarah Malaka yang dibatasi oleh Jalan Kubu di sebelah Utara, Jalan Munshi Abdullah dan Jalan Bendahara di sebelah Timur. Jalan Laksamana di sebelah Selatan dan Jalan Tun Tan Cheng Lock di sebelah Barat.

• Chinaown Australia : Lokasinya berada di kota Sydney, mencakup wilayah yang dilalui Jalan Dixon, Hay dan Sussex serta wilayah yang lebih besar lagi yang dilalui George Street di bagian Timurnya dan Darling Harbour di sebelah Baratnya.

• Chinatown Paris : Lokasinya berada di Paris 13, Porte Choissy.

No comments:

toolbar powered by Conduit

Translate this webpage :

Translation for 140 languages by ALS

Affiliate Marketing:

Free Traffic That Actually Works

Affiliate Marketing: What’s All The Hype About Scams?

10 Proven Ways To Accelerate Your profits

10 Phenomenal Ways to Plug to Extra Profits

10 Ways To get Your Ads or messages Noticed

10 Killer Ways To Make People Clik

YOUTUBE

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

PayPal Account = camar8@yahoo.com

NASA Image of the Day